Honai Rumah

5 Rumah Adat Papua Honai Gambar Nama Keunikan

Honai merupakan rumah mungil yang unik dengan bentuk seperti jamur. ya, rumah ini memiliki bentuk dasar lingkaran dengan rangka kayu berdinding anyaman dengan atap kerucut yang terbuat dari jerami. tingginya hanya 2,5 meter yang jika dilihat dari udara terlihat seperti jamur berwarna cokelat kehitaman berjajar di sepanjang lembah. Rumah honai berukuran sempit yaitu tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 5 meter. meski sempit, rumah adat papua ini diisi oleh banyak orang antara 5 sd 10 orang, hal ini dimaksudkan agar suhu di dalam rumah bisa tetap terjaga hangat.

Rumah adat papua (honai) di papua, honai rumah ada satu suku yang dikenal dengan nama suku dani. suku dani adalah suku yang menetap di sebuah perkampungan papua, tepatnya di lembah baliem. suku ini memiliki rumah adat yang memiliki bentuk yang sangat unik, namanya rumah adat honai. Bentuknya bundar, atapnya jerami, dan pintunya mungil sekali. inilah honai, rumah adat suku dani yang tinggal di lembah baliem, kabupaten jayawijaya, papua. selain jadi tempat tinggal, honai juga memiliki banyak kegunaan. rumah adat honai biasanya dibangun berkelompok membentuk komplek dan banyak ditemui disekitar lembah baliem, tempat dimana banyak suku dani tinggal. Makna rumah honai. rumah honai ini bukan hanya digunakan sebagai bangunan saja atau sebagai tempat tinggal. tetapi rumah honai juga yang di anggap sebagai tempat belajar atau kegiatan lainnya. rumah honai untuk pria adalah digunakan sebagai tempat mendidik pemuda-pemuda tentang bagaimana cara bertahan hidup yang menjadi pemuda yang bertanggung. Rumah honai biasa ditinggali oleh 5 hingga 10 orang. rumah honai dalam satu bangunan digunakan untuk tempat beristirahat (tidur), bangunan lainnya untuk tempat makan bersama, dan bangunan ketiga untuk kandang ternak. [1] rumah honai pada umumnya terbagi menjadi dua tingkat. lantai dasar dan lantai satu dihubungkan dengan tangga dari bambu.

Honai Rumah

Rumah tradisional honai peta lokasi honai merupakan rumah tradisional bagi masyarakat papua. secara morfologis, honai dibentuk dari dua kata. pertama yaitu “hun” yang berarti pria dewasa dan “ai” yang berarti rumah. secara harfiah, honai berarti rumah laki-laki dewasa. bukan saja miliki laki-laki dewasa, kaum perempuan juga mempunyai honai hanya saja dalam pengistilahannya berbeda. Rumah honai memiliki tinggi bangunan kurang lebih mencapai 2,5 meter dengan lebar 2,5 meter. dengan ciri arsitektur yang cukup sedehana rumah honai tetap terlihat unik dan menarik. bangunan ini dapat ditemukan di lembah dan pegunungan di tengah pulau papua. Honai house is divided into three types, namely for men (called honai), women (called ebei), and pigsty (called wamai) honai ordinary house inhabited by 5 to 10 people. honai house in one building used for a place to rest (sleep), other buildings for dining together, and the third building to the cattle pens.

Arsitektur Tradisional Papua Honai Linkedin Slideshare

Dan rumah honai hingga saat ini masih dibangun secara turun-temurun sesuai budaya dan tradisi setempat. dalam mengadakan pertemuan untuk rapat perang dan pesta adat, masyarakat rumah honai merupakan tempat berkumpulnya laki-laki dewasa, yaitu di ruang bawah. ruangan honai bagian bawah juga digunakan sebagai tempat penyimpan harta benda. 1. honai. rumah adat honai adalah rumah adat yang berada di papua yang menjadi tempat tinggal bagi suku dani. biasanya rumah adat honai dihuni oleh laki-laki desawa. honai berasal dari kata (hun) atau laki-laki dan (ai) berarti rumah. biasanya rumah adat honai ditemukan di pegunungan dan lembah. Keberadaaan rumah honai dapat honai rumah ditemukan di lembah-lembah dan pegunungan di tengah pulau papua terutama di ketinggian 1. 600 1. 700 meter di atas permukaan air laut. selain suku dani, ada beberapa suku lain yang hidup bertetangga di lembah ini yakni suku yali dan suku lani dengan populasi sekitar 100. 000 jiwa. Istilah honai berasal dari dua kata, yakni “hun” yang berarti pria dewasa dan “ai” yang berarti rumah. dari klasifikasinya, terdapat dua jenis honai, yakni honai bagi kaum laki-laki dan perempuan. secara umum honai merupakan rumah adat tempat bermusyawarah untuk kepentingan mengadakan pesta adat dan perang suku.

Rumah adat papua rumah honai, kariwari, dan rumsram.

Rumah honai berukuran sempit yaitu tinggi sekitar 3 meter dan diameter sekitar 5 meter. meski sempit, rumah adat papua ini diisi oleh banyak orang antara 5 sd 10 orang, hal ini dimaksudkan agar suhu di dalam rumah bisa tetap terjaga hangat. untuk menjaga suhu tetap hangat, rumah honai juga tidak dilengkapi dengan jendela. Rumah adat papua rumah adat di papua dikenal dengan nama honai sumber : budayapapuaa. blogspot.. papua, salah satu provinsi di indonesia yang telah diujung timur, dengan wilayah yang paling luas diantara provinsi lainnya.

Rumah adat honai tidak memiliki lantai yang terbuat dari semen seperti rumah pada umumnya, tetapi lantainya berupa tanah. rumah ini terbagi atas 2 lantai. lantai pertama yang terbuat dari tanah digunakan untuk berkumpul dengan keluarga, bermusyawarah, dan beraktivitas di malam hari. More rumah honai images.

Honai adalah rumah adat papua pada khususnya di bagian penggunungan. papua terkenal dengan budayanya yang berakena ragam dan bahkan sebagaian dari masyarakatnya masih memegang kuat kebudayaannya. ada satu hal yang perlu kita ketahui tentang papua yaitu mengenai rumah adatnya. Isi rumah honai. honai terdiri dari dua tingkat lantai yang dihubungkan dengan tangga. rumah adat ini biasanya terletak di lembah-lembah pegunungan di tengah pulau papua dengan iklim yang cukup dingin. inilah kenapa rumah honai dirancang agak rendah, ternyata untuk mengurangi dinginnya angin yang berasal dari pegunungan.

Honai Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Honai merupakan rumah adat papua yang menjadi tempat tinggal bagi suku dani. biasanya honai dihuni oleh laki-laki dewasa. honai berasal dari kata “hun” atau laki-laki dan “ai” yang berarti rumah. Rumah honai pada dasarnya adalah rumah tinggal biasa untuk masyarakat sekitar. kemudian rumah juga digunakan untuk menyimpan berbagai alat pertahanan baik itu alat perang dan alat berburu yang masih sangat tradisional.

Nama rumah adat papua: lengkap beserta gambar dan penjelasan.

Rumah honai dalam satu bangunan digunakan untuk tempat beristirahat (tidur), bangunan lainnya untuk tempat makan bersama, dan bangunan ketiga untuk kandang ternak. rumah honai dibuat berkelompok, karena kadang satu keluarga membutuhkan lebih dari satu rumah untuk tempat ternak mereka tinggal. Karakteristik rumah honai berbentuk bulat/melingkar ukurannya sempit (diameter 4m 6m) ketinggian sekitar 3m 7m (2 lantai) tidak berjendela dan ketinggian pintu sangat rendah (sangat minimbukaan).

9 Keunikan Rumah Adat Honai Khas Papua Rumahlia Com

Rumah adat papua honai adalah rumah dengan arsitektur yang sangat sederhana, intinya dari rumah ini adalah rumah yang melindungi orang-orang yang tinggal di dalamnya dari cuaca dingin. kesederhanaan ini mungkin yang dijadikan patokan yang utama bagi suku di bagian pegunungan papua untuk membangun rumah honai mereka, karena mereka termasuk suku. Honai adalah rumah adat papua honai rumah yang menjadi tempat tinggal bagi suku dani. honai ini sendiri menjadi tempat yang dihuni oleh laki-laki dewasa. honai berasal dari kata “hun” atau laki-laki dan “ai” yang berarti rumah jadi honai adalah rumah untuk laki-laki.

Mengenal 6 Rumah Adat Papua Lengkap Dengan Penjelasan Dan

See more videos for rumah honai. Arsitektur tradisional papua (honai) 1. rumah adat suku dani( honai ) kelompok ix honai rumah randy s pasaribu irna ramli zatriani traditional architecture 2. letak geografis dan batas wilayahletak geografisterletak di 2°25‘ lu 9° ls.

Rumah honai ternyata juga bisa digunakan untuk menyimpan hasil bumi. ini sesuai dengan kehidupan masyarakat sekitarnya bahwa mereka masih sangat tergantung dengan ladang. namun satu hal yang sangat khas dari rumah ini adalah bisa digunakan untuk pengasapan mumi. keunikan ini bisa ditemukan di desa aikima dan kerulu. Honai berasal dari kata “hun” atau laki-laki dan “ai” yang berarti rumah jadi honai adalah rumah untuk laki-laki. honai rumah biasanya honai bisa kita jumpai di lembah dan pegunungan. dinding rumah ini terbuat dari kayu dengan atap yang menggunakan jerami yang berbentuk kerucut, jika kita lihat sekilas bentuknnya menyerupai jamur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arab Dalam Artinya Ruang Bahasa Tamu

Rumah Surabaya Grosir Dannis

Cafe Rungkut Teras Rumah