Usul Rumah Toraja Atapnya Adat Orang Melambangkan Asal Yang Berbentuk Toraja

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan

Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan. tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu. kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Rumahadat tongkonan / indonesia memiliki beragam budaya yang sangat menarik. beberapa diantaranya menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. salah satu objek wisata yang terkenal dari bumi pertiwi adalah wisata budayanya, dimana tujuan wisata budaya bagi para wisatawan (mancanegara) yang terkadang muncul kepermukaan media internasional sehingga menjadi yang. Rumahadat khas toraja ini, selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga mempunyai fungsi dan peranan serta arti yang sangat penting dan bernilai tinggi dalam kehidupan masyarakat toraja. tongkonan, bangunan dengan atap berbentuk perahu ini dianggap sebagai pusaka warisan dan hak milik turun temurun dari orang yang pertama kali membangun.

Rumah Adat Toraja Tongkonan Keunikan Gambar  Penjelasan

Rumah adat di toraja, selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga mempunyai fungsi dan peranan serta arti yang sangat penting dan bernilai tinggi dalam kehidupan masyarakat toraja. rumah yang sering disebut tongkonan dianggap sebagai pusaka warisan dan hak milik turun temurun dari orang yang pertama kali membangun tongkonan tersebut. Mungkin dari semua rumah adat di sulawesi, rumah tongkonan milik suku toraja inilah yang paling dikenal. atap rumahnya yang paling menonjol, yaitu berbentuk perahu yang terbuat dari susunan bambu. yang menjadi ciri khas dari rumah adat suku toraja ini adalah pada ujung atapnya terdapat kepala kerbau dan tanduknya dan tersusun memanjang ke atas. Rumahadat gapura candi bentar merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi bali. ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya menyerupai pura dan memiliki gapura di bagian depan rumah. rumah adat di bali sangat kental dengan budaya dan agamanya. berbeda dengan rumah adat yang lainnya di indonesia. rumah adat ini masih sangat mudah untuk ditemukan. Atapnyaberbentuk perahu, yang melambangkan asal-usul orang toraja yang tiba naik perahu dari cina. di bagian depan rumah, di bawah atap yang menjulang tinggi, dipasang tanduk-tanduk kerbau. jumlah tanduk kerbau ini melambangkan jumlah upacara penguburan yang pernah dilakukan oleh keluarga pemilik tongkonan.

Sejarah asal usul dan kebudayaan toraja, dari sekian banyak suku bangsa yang ada di indonesia, ada suku bangsa yang memiliki pola kehidupan yang unik. yaitu pola kehidupan yang terdapat pada masyarakat suku tana toraja. suku tana toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara sulawesi selatan, indonesia. Atap tongkonan berbentuk perahu, yang melambangkan asal-usul orang toraja yang tiba di sulawesi dengan naik perahu dari cina. di bagian depan rumah, di bawah atap yang menjulang tinggi, dipasang tanduk-tanduk kerbau. jumlah tanduk kerbau ini melambangkan jumlah upacara penguburan yang pernah usul rumah toraja atapnya adat orang melambangkan asal yang berbentuk toraja dilakukan oleh keluarga pemilik tongkonan.

Filosofi Rumah Adat Tongkonan Tana Toraja Dari Sulawesi

Keunikan Tema Bentuk Makna Dalam Seni Rupa

Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental.

Rumahadat di indonesia begitu luas, tentunya memliki banyak kekayaan alam, keberaneka ragam agama, suku, budaya dan adat istiadat. begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia, di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat. hal ini mencerminkan bahwasanya, para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Ngetren. budaya toraja, masyarakat toraja memang dikenal masih memegang teguh adat dan budaya, salah satunya tongkonan. tongkonan merupakan rumah adat yang terbuat usul rumah toraja atapnya adat orang melambangkan asal yang berbentuk toraja dari kayu uru. pohon uru memang banyak tumbuh di sulawesi. bagian tongkonan yang paling terlihat mencolok adalah atapnya yang berbentuk seperti perahu. ini menjadi pengingat orang toraja, bahwa leluhur mereka menggunakan. Rumahadat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Rumah gadang minangkabau yang berbentuk panggung dengan tinggi lantainya, sekitar 2 meter ketinggian dari tanah. hal ini boleh jadi erat hubungannya dengan alam minangkabau. oleh karena pada zaman dulu, penduduk belum sebanyak sekarang, sehingga binatang buas masih sering bebas berkeliaran, sehingga masyarakat membangun rumah gonjong dengan.

Sejarah singkat rumah adat toraja rumah adat orang toraja sendiri dibagi menjadi beberapa tingkatan atau beberapa kasta. diantaranya yang pertama adalah orang bangsawan tinggi atau tana bulaan, yang mempunyai derajat yang paling tinggi. kemudia yang kedua adalah tana bassi yang merupakan bangasawa rendah. yang ketiga adalah warga atau orang biasa yang merdeka yaiatu tana…. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kata toraja berasal dari asal kata to atau tau yang artinya orang, dan raya dari kata maraya yang artinya besar, maknanya adalah orang orang besar atau bangsawan. tana toraja artinya adalah negeri tempat berdiamnya orang toraja. banyak sekali ciri kebudayaan suku toraja yang menarik untuk dipelajari. Disamping itu terdapat bentuk rumah yang meniru rumah bugis meskipun atapnya memakai bambu. bentuk-bentuk rumah ini biasanya sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan wc,bahkan tempat cuci. karena sudah menjadi tempat yang sering dikunjungi wisatawan di ke'te dibangun bentuk asal rumah adat suku toraja (lantang talumio dan pandoko dena).

Rumah Adat Toraja Arsitekturberkelanjutan

Seperti halnya rumah adat suku-suku lain di indonesia yang umumnya dibedakan kare­na bentuk atapnya, rumah adat toraja inipun mempunyai bentuk atap yang khas. memang mirip dengan rumah adat suku batak, tetapi meskipun begitu rumah adat suku toraja tetap memiliki ciri-ciri tersendiri. Tana toraja adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan. jika berkesempatan mengunjungi tana toraja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah adat toraja yang sangat terkenal. karena usul rumah toraja atapnya adat orang melambangkan asal yang berbentuk toraja ternyata, bukan hanya alamnya yang menakjubkan saja yang dapat dibanggakan dari tana toraja, tetapi juga masyarakat dan budayanya. Kata toraja berasal dari bahasa bugis, to riaja, yang berarti "orang yang berdiam di negeri atas". pemerintah kolonial belanda menamai suku ini toraja pada tahun 1909. suku toraja terkenal akan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya. ritual pemakaman toraja merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari.

More rumah adat toraja atapnya berbentuk yang melambangkan asal usul orang toraja images. Rumahadat di toraja, selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga mempunyai fungsi dan peranan serta arti yang sangat penting dan bernilai tinggi dalam kehidupan masyarakat toraja. rumah yang sering disebut tongkonan dianggap sebagai pusaka warisan dan hak milik turun temurun dari orang yang pertama kali membangun tongkonan tersebut. Rumahadattoraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. Tongkonan berupa rumah panggung dari kayu, dimana kolong di bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. atap tongkonan berbentuk perahu, yang melambangkan asal-usul orang toraja yang tiba di sulawesi dengan naik perahu dari cina. di bagian depan rumah, di bawah atap yang menjulang tinggi, dipasang tanduk-tanduk kerbau.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arab Dalam Artinya Ruang Bahasa Tamu

Rumah Surabaya Grosir Dannis

Cafe Rungkut Teras Rumah