Toraja Rumah Adat

"arsitektur nusantara memiliki karakteristik yang khas yaitu berbeda-beda di tiap bagian wilayahnya. perbedaan itu disebabkan oleh keragaman adat istiadat dan kebudayaan yang berkembang di daerah setempat. meskipun begitu arsitektur nusantara. Suku toraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang masih dimiliki suku ini menjadi daya Rumahadat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Rumahadat tongkonan suku toraja ini sama sekali tidak menggunakan unsur besi pada proses pembangunannya. dari sini bisa diketahui, bahwa dalam pembangunan rumah adat ini sama sekali tidak menggunakan paku. pada bagian atap, rumah tongkonan ini terbuat dari bambu dengan memiliki bentuk yang unik. dimana bentuk tersebut menyerupai seperti pe.

Rumah Dan Pakaian Adat Toraja Yang Perlu Anda Ketahui

Nama Rumah Adat Toraja Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan

Tetapi bahkan dari rumah-rumah adat bisa menjadi kekayaan yang tak ternilai. apalagi indonesia memiliki suku yang beragam seperti sulawesi. keindahan dan kemegahan dari rumah adat ini tidak hanya menjadi simbol kemegahan tetapi juga pengingat adanya leluhur yang berasal dari toraja. Tangdilinting l. t. tongkonan (rumah adat toraja) dengan struktur, seni dan konstruksinya yayasan lepongan bulan. tana toraja 1978. kis-jovak, j. i. (1988). banua toraja: changing patterns in architecture and symbolism among the sa'dan toraja, sulawesi, indonesia. amsterdam: royal tropical institute.

Tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people, in south sulawesi, indonesia. tongkonan have a distinguishing boat-shaped and oversized saddleback roof. like most of indo's austronesian-based traditional architecture tongkonan are built on piles. the construction of tongkonan is laborious work and it is usually built with the help of all family members or friends. in the original toraja society, only nobles had the right to build tongkonan. commoners live in sm. Rumahadat mandar merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi barat. rumah adat ini mempunyai arsitektur bangunan yang mirip dengan bangunan suku bugis dan suku toraja. ciri khas rumah adat ini adalah memiliki teras yang luas dan mempunyai anak tangga yang jumlahnya ganjil. selain itu sebagian besar struktur material bangunan.

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Tongkonan Fakta Rumah Adat Tana Toraja Celebes

Tongkonan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Rumah Dan Pakaian Adat Toraja Yang Perlu Anda Ketahui

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Toraja Rumah Adat

Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. Rumah dan pakaian adat toraja kata toraja diperoleh dari bahasa bugis yaitu to riaja yang artinya adalah “orang yang berdiam di negeri atas”. suku ini menetap di pegunungan bagian utara provinsi sulawesi selatan. jumlah populasinya kira-kira sekitar 1 juta jiwa dan sekitar setengahnya masih tinggal di kabupaten toraja utara, kabupaten tana toraja dan kabupaten mamasa. Rumah adat toraja dengan wilayah yang sangat luas, indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. tak hanya kaya dengan pesona alamnya saja, indonesia juga dikenal dengan sebutan negara seribu bahasa. julukan tersebut diberikan kepada negara kita karena adanya berbagai macam bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

(pdf) antara arsitektur batak toba dan arsitektur toraja.

Berikut ini akan kami jelaskan secara detil mengenai keunikan rumah adat tongkonan khas tana toraja. memiliki tiga lapisan segi empat; jika dilihat memang bentuk rumah tongkonan sangat berbeda dan unik. rumah ini terdiri dari tiga lapisan yang lengkap dengan bentuk segi empat. Tana toraja adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan. jika berkesempatan mengunjungi tana toraja, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah adat toraja yang sangat terkenal. karena ternyata, bukan hanya alamnya yang menakjubkan saja yang dapat dibanggakan dari tana toraja, tetapi juga masyarakat dan budayanya. Rumahadat tana toraja terdiri dari tiga bagian yang meliputi bagian utara, bagian tengah, dan bagian selatan. masyarakat tana toraja menganggap rumah adat tongkonan bukan hanya sebagai tempat tinggal, namun juga dianggap sebagai ibu. rumah adat tana toraja juga memiliki lumbung padi atau yang biasa disebut dengan toraja rumah adat “alang sura”.

Rumah adat sulawesi selatan / provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini, di antaranya suku bugis, suku mandar, suku toraja, suku makassar, dan lain sebagainya. Pergi ke toraja rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi beragam kebudayaan yang ada di sana. salah satunya adalah rumah adat toraja yang bernama tongkonan. bentuk atapnya yang unik dan toraja rumah adat menjulang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

The torajan (suku toraja) are the indigenous ethnic group which inhabits the mountainous region of south sulawesi. their population is approximately 750,000, 70% of which still live in the regencies of tana toraja ("land of toraja") and north toraja. tongkonan is the traditional ancestral house, or rumah adat of the torajan people. Masyarakat tana toraja sangat menjunjung tinggi kepercayaan dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyangnya, salah satunya warisan rumah adat. rumah adat toraja. dikutip dari wikipedia. org. tongkonan merupakan rumah adat tradisional masyarakat toraja yang berdiri di atas tumpukan kayu dan dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam, dan kuning. In areas with many tourists, such as the tanah toraja, rumah adat are preserved as a spectacle for tourists, their former residents living elsewhere, with design elements exaggerated to the point that these rumah adat are considerably less toraja rumah adat comfortable than the original designs.

Keunikan rumah adat tongkonan toraja dan hal terkait lainnya, sangat penting untuk disampaikan pada kesempatan kali ini. rumah tradisional yang ada di provinsi sulawesi selatan (sulsel) merupakan salah satu keajaiban dunia yang jadi legenda. To introducing toraja rumah adat my culture and the tradittion on toraja to the eye of the world. See more videos for rumah adat toraja.

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama). Rumah adat toraja, tongkonan dibagi ke dalam 4 jenis. pembagian ini didasarkan pada fungsi tongkonan itu sendiri, yakni: tongkonan layuk, merupakan rumah dimana peraturan serta penyebarannya disusun. tongkonan pakamberan/pakaindoran, merupakan rumah adat toraja tempat dimana atura-aturan yang telah dibuat dilaksanakan. More rumah adat toraja images.

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arab Dalam Artinya Ruang Bahasa Tamu

Rumah Surabaya Grosir Dannis

Cafe Rungkut Teras Rumah